Kapolres Simalungun Turun Ke Siantar   Urai kemacetan di Simpang 2

Kapolres Simalungun Turun Ke Siantar Urai kemacetan di Simpang 2

Jurnalsiantar.net- Mengurai kemacetan yang terjadi di daerah Simpang 2 Kota Siantar Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan turun langsung memimpin 70 personil Polres Simalungun membantu personil Polres Siantar mengatur lalu lintas, Selasa (2/1/2018).

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, S.IK, MH, selaku Ka Ops Res turut didampingi Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendri ND. Barus, SH, S.IK, Kasat Sabhara Polres Simalungun AKP Hendrik Situmorang, MM, Kasat Binmas Polres Simalungun AKP Asmon Bufitra, SH dan KBO Sat Intelkam Polres Simalungun Iptu Y. Siregar.

Tidak hanya melakukan pengaturan lalu lintas saja, personil Polres Simalungun juga langsung membuat tindakan diskresi Kepolisian dengan menciptakan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan di Kota Pematangsiantar antara lain, pengendara dari Raya menuju Kota Siantar diarahkan melalui Panombeian-Naga Huta-Belakang Rindam I/ BB Kota Siantar.

Sementarapengendara dari Parapat, diarahkan ke Simpang Bahail-Simpang Lambou Marihat, kendaraan besar, diarahkan ke Simpang Mesjid Al-Hadi-Pondok Malaysia-Simpang Yon 122/ TS, kendaraan dari Sianrar menuju Raya diarahkan untuk memutar arah dari salah satu rumah makan Pintu Batu yang tidak jauh berada dari pertigaan timbangan, dan pengendara menuju Medan, Pos Pam Sinaksak akan membuka 2 jalur.

Kegiatan ini merupakan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Ops Lilin Toba 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2017 lalu di Mapolres Simalungun bersama 5 Kabupaten/ Kota untuk saling membantu dalam penanganan lonjakan arus lalu lintas menjelang pergantian Tahun.

Pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini dilaksanakan secara serentak bersama dengan Polsek Panei Tongah, Polsek Balata, Polsekta Tanah Jawa dan Polsek Serbelawan. Dilakukan juga pantauan dari udara dengan menggunakan Drone (Pesawat tanpa awak), untuk melihat titik-titik yang menjadi sumber kemacetan sehingga dapat dilakukan tindakan cepat untuk mengurai permasalahannya.

Selain itu, Polres Simalungun juga menurunkan unit Patroli untuk mengantisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi/ kendala saat pengalihan arus, seperti perbuatan Pungli. Apabila ada ditemukan, akan langsung dilakukan penindakan.

Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan perintah Kapolda Sumut Irjen. Pol. Paulus Waterpaw dan Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Agus Andrianto, SH. Kegiatan ini juga dikoordinir oleh Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol Drs. Imam Prakoso. Dalam pelaksanaannya, Kapolres Simalungun sudah berkoordinasi dengan Kapolres Pematangsiantar AKBP Doddy Hermawan, SIK.

Pengaturan dan Rekayasa lalu lintas tersebut digelar bertujuan untuk mengurai kemacetan lalu lintas dalam memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat.

Setelah diadakannya rekayasa lalu lintas ini, terpantau arus lalin di Simpang dua Kota Pematangsiantar berangsur terurai hingga menjadi lancar.(Hamzah)

COMMENTS

DISQUS: 0